ILMU BAHAN & KIMIA INDUSTRI
1. Suku cadang dari sebuah motor diesel harus dibuat dipabrik dengan persyaratan logam yang telah diuji.
a. 150 HB 5 / 250 / 30
b. 250 HV 30 / 10
Jelaskan pengertian saudara arti dari symbol tersebut diatas.
2. Babit ternyata paling cocok untuk metal bantalan poros utama maupun poros engkol motor diesel.
Jelaskan persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi bagi suatu logam untuk dapat digunakn sebagai bantalan luncur.
3. Salah satu persoalan di kapal yang perlu mendapat perhatian ialah masalah korosi. Untuk itu perlu diadakan pencegahannya.
a. Jelaskan sebab-sebab terjadinya korosi
b. Jelaskan penggunaan block magnesium pada kulit kapal untuk mencegah korosi tersebut, disertai dengan gambar.
4. Penggunaan minyak pelumas di kapal dibeda-bedakan sesuai dengan pesawat-pesawatnya. Jelaskan tentang :
a. Bahan pelumas pendingin
b. Minyak pelumas untuk system hydroulic.
5. Dalam sebuah motor diesel, maka untuk 1 langkah kerja dalam 1 silinder tersedia 1 kg udara murni untuk membakar dengan sempurna 32 gram minyak diesel bahan bakar tersebut mengandung C = 80%, H = 12%, S = 3% dan O = 2%.
Hitung :
- Faktor udara yang digunakan
- Nilai pembakaran dan Nilai Opak bila kadar air W = 3%
ILMU BAHAN
1. Gambarkan diagram Fe – C berikut penjelasannya dan nama-nama unsure dalam diagram tersebut.
Jelaskan pula peristiwa yang terjadi, apabila baja dengan 1,2% C didinginkan perlahan lahan mulai dari keadaan cair sampai suhu ruangan !
2. Jelaskan cara percobaan rangkak (Creep test) berikut gambar sket!
3. a. Apa pengaruh angka cetan pada bahan bakar motor diesel ? Jelaskan !
b. Apa perbedaan antara pelumasan film penuh dan pelumasan terbtas ? Jelaskan !
c. Sebutkan beberapa jenis pengetesan yang dilakukan pda bahan bakar cair dan minyak lumas !
4. a. Jelaskan apa penyebab korosi !
b. Bagaimana cara pencegahan korosi ?
c. Mengapa pada bagian dalam penutup cooler diberi zinc anoda ? Jelaskan !
5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan :
a. Viskositas indeks.
Modulus kenyal.
Thanks atas materinya
ReplyDelete